Header Ads

Juara Umum SIGADA 4 (Tawadhu')


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Namun derasnya arus globalisasi yang berkembang di tengah masyarakat Indonesia, yang tidak disertai dengan keimanan dan ketaqwaan yang kuat serta kurangnya kesadaran akan masa depan bangsa, membuat sifat dan karakter bangsa Indonesia semakin menyimpang dari aslinya.

Untuk menyikapi hal tersebut, sudah selayaknya para Praja Muda Karana menjadi pelopor dan motivator bagi generasi muda untuk lebih maju dan siap menjadi penerus bangsa yang berkarakter, demi masa depan bangsa yang lebih baik.

Sesuai dengan program kerja Dewan Galang SMP Negeri 1 Jombang masa bhakti 2015/2016 dan sekaligus untuk memperingati Hari Tunas, maka SMP Negeri 1 Jombang mengadakan kegiatan yang berlandaskan pramuka yaitu “KOMPETISI PENGGALANG DASAR (SIGADA) dengan tujuan untuk mengembangkan kreatifitas mereka dalam hal yang positif, agar menjadi pribadi yang berkarakter dan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tema kegiatan tersebut adalah “Peran Pramuka di Era Kecanggihan Teknologi” Sasarannya adalah untuk pramuka penggalang SD/MI se Kabupaten Jombang. Acara tersebut diadakan pada hari Ahad tanggal 13 Maret 2016 di Bumi Perkemahan SMP Negeri 1 Jombang.

Diantara peserta SIGADA 2016 itu adalah siswa-siswi SDIT AR RUHUL JADID JOMBANG. Di lembaga itulah dicetak generasi PRAMUKA SEKOLAH ISLAM TERPADU (PRAMUKA SIT) yang terletak di Jln. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 84 Jombang. Alhamdulillah sudah ketiga kalinya meraih “JUARA UMUM” regu Putra dan Putri dalam Kompetisi Penggalang Dasar (SIGADA). Pada tahun 2016 ini SDIT AR RUHUL JADID mengirim 2 regu yang terdiri dari 1 regu Putra dan 1 regu Putri, masing-masing regu terdiri dari 10 siswa. Jadi jumlah peserta 20 siswa, yang diikuti oleh kelas 4, 5 dan 6. Diantara peserta tersebut adalah :

PESERTA REGU PUTRA PESERTA REGU PUTRI
NO NAMA KELAS NO NAMA KELAS
1 Hamid...................................... 6 1 Mila 5
2 Fafa 5 2 Ratu 5
3 Putra 5 3 Najma 5
4 Fahrizal 5 4 Fifi 5
5 Farid 5 5 Rona 5
6 Labib 5 6 Alma 5
7 Rayhan 5 7 Alfin 5
8 Fiki 5 8 Naswa Aulia Hermansyah....... 5
9 Rais 4 9 Naswa Aulia Az Zahra 5
10 Bowie 4 10 Lila 4

Mereka mendapat anugrah dari Allah SWT, yang luar biasa dan hanya kata “Subhanalloh wal hamdulillah wa laailahaillalloh Allohu Akbar” tak henti-hentinya kita ucapkan kepada Allah”. Karena jerih payah dan usaha tak kenal lelah serta penuh tawakkal kepada Allah akhirnya mendapatkan banjir piala dari beberapa perlombaan dan satu piala bergilir.

Para pelatih dari dewan guru sendiri SDIT Ar Ruhul Jadid yaitu Ustdz. Norma, Ustdz. Eny, Ustdz. Uswah, Ust. Safirur, Ust. Rizal, Ust. Noval dan Ust. Musyafa’ , serta dibantu oleh alumni SDIT Ar Ruhul Jadid Tahun 2014/2015 yang sekarang melanjutkan di SMPIT Ar Ruhul Jadid yang dulu pernah menjadi peserta SIGADA tahun sebelumnya yaitu Kak Faiz,Kak Farid, Kak Lela dan Kak Mutia. Semoga perjuangan mereka diterima oleh Alloh sebagai amal kebaikan.

Kurang lebih sekitar satu bulan mereka berlatih dari pagi sampai sore, bahkan di hari libur pun datang ke sekolah untuk latihan dan mempersiapkan segala atribut maupun perlengkapan yang lain tanpa kenal lelah dan penuh semangat yang membara demi kemenangan bersama. Mereka kompak dan sportif dalam perlombaan. Sambil berjalan kaki selepas lomba dari SMP Negri 1 Jombang menuju ke SDIT AR RUHUL JADID JOMBANG sambil melantunkan syukur kepada Alloh dan yel-yel dengan penuh kebanggaan jadi sang juara semoga tidak dengan kesombongan tapi penuh kerendah hati akan membawa keberkahan kepada kita semua. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam keberhasilan SIGADA tahun 2016 ini, semoga anak-anak didik kami menjadi anak yang sholih dan sholihah.

Adapun perolehan juara-juara dalam perlombaan SIGADA adalah sebagi berikut :


NO ....JUARA.... ....REGU.... ....................JENIS LOMBA....................
1 I PUTRA KOLONE TONGKAT
2 I PUTRI KOLONE TONGKAT
3 I PUTRA PIONERING
4 I PUTRI PIONERING
5 I PUTRA SEMAPHORE SANDI (SMS)
6 II PUTRI SEMAPHORE SANDI (SMS)
7 I PUTRA CERPEN
8 I PUTRI CERPEN
9 II PUTRI SCOT WARIOR
10 III PUTRA TEKNOLOGI TEPAT GUNA
11 II PUTRI TEKNOLOGI TEPAT GUNA
12 III PUTRI HASTA KARYA
13 III PUTRI POSTER
14 III PUTRA PRAMUKA BERSORAK
15 III PUTRI PRAMUKA BERSORAK
16 I PUTRA REGU TERBAIK
17 I PUTRI REGU TERBAIK
18 "MENJADI JUARA UMUM"

Ada hal baru yang mengisi pengalaman hidup mereka, piala hanyalah sebuah tanda namun pembelajaran tentang sebuah perjuangan, kegigihan, kerja keras, kejujuran dan terus berada dalam jalur Allah adalah hal besar yang mereka pelajari kali ini. Kemenangan tidak menjadikan mereka pongah namun menjadi alam ketawadhu'an dan sarana untuk dapat semakin bersyukur akan semua nikmat Allah yang telah diberikan. Segenap keluarga besar LPIT Ar Ruhul Jadid mengucapkan Selamat dan Sukses Atas Kemenangannya, semoga capaian kali ini semakin bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, Aamiin.....

Penulis : Samiasih, S.Pd.I
Photo  : Gatot Purbowiseso, S.T
Powered by Blogger.