Header Ads

Sholat Dengan Kesadaran Sendiri


Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash mengatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alayhi wa Sallam bersabda, “Perintahkanlah anak kecil untuk shalat apabila sudah berusia tujuh tahun…” (HR Abu Dawud dan al-Hakim). Usia tujuh tahun adalah usia dimana anak menginjak bangku sekolah dasar. Dan sekolah kami adalah salah satu sekolah yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yaitu sekolah yang memadukan ke-Khas-an Sekolah Islam Terpadu dengan kurikulum yang ada. Dan pembelajaran sholat salah satu program pokok di sekolah kami.

Ada banyak langkah yang kami lakukan bersama wali murid untuk mendidik peserta didik untuk mencintai sholat dengan sholat tanpa harus diperintah. Adapun beberapa langkah yang kami tempuh diantaranya: Di kelas awal kita mengenalkan sholat baik bacaan gerak dan adab sholat. Kemudian berlanjut ke tingkat berikutnya yaitu melaksanakan sholat itu sendiri meski belum lengkap 5 waktu. Bila tingkatan ini sudah terselesaikan maka berlanjut ke tingkatan berikutnya yaitu sholat lengkap 5 waktu. Dan berlanjut terus hingga dapat sholat dengan kesadaran dan menambah kepada sholat-sholat sunnah.

Tidak mudah memang mendidik hingga tingkat kesadaran, kami juga menggembleng anak-anak dengan mukhoyyam, pelatihan sholat dan lain sebagainya. Ditingkat kelas atas kami menghadirkan trainer sholat dari luar sekolah, agar anak-anak lebih memahami dan mencintai sholat serta memotivasi mereka untuk menjaga sholatnya. Para Ustadz dan Ustadzah juga bekerjasama dengan orangtua siswa untuk memantau ibadah mereka dengan memanfaatkan buku penghubung supaya bisa mengevaluasi bersama perkembangan ibadah peserda didik kami.

Dengan penanaman pondasi-pondasi agama sejak dini kami berharap akan tercipta generasi Islam yang mumpuni, generasi yang sholeh yang bagus ibadahnya, pribadi yang mandiri dan tangguh serta bisa mencetak prestasi-prestasi yang membanggakan. Ayo bersama kami mempersiapkan generasi yang cinta sholat. Dengan menjadi bagian dari Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid Sengon Jombang. 
Powered by Blogger.