Header Ads

Hafal 3 Juz Dengan Metode Wafa

Salah satu program di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid Jombang adalah hafal 3 juz, yaitu juz 30, 29 dan 28. Dengan menggunakan metode wafa yang memanfaatkan otak kanan. Otak kanan memiliki beberapa sifat yang luar biasa seperti lebih fleksibel, menerima hal-hal baru yang terkadang tidak logis, imajinatif, penuh inovasi, kreatif, dan dilakukan secara tidak sadar berdasarkan kebiasaan-kebiasaan. Biasanya orang-orang yang lebih dominan otak kanan, cenderung akan melakukan hal-hal yang baru serta melakukan sesuatu berdasarkan pada keyakinan yang terdapat di alam bawah sadarnya. Selain itu, otak kanan bersifat long term memory. Metode wafa sebenarnya merupakan pengembangan dari beberapa metode seperti IQRA dan UMMI. Metode ini berhasil diterapkan pada anak yang mengalami tuna netra, dan mampu menghafal Al Qur'an dengan sempurna. Metode wafa menyuguhkan metode belajar yang lebih menyenangkan. Metode wafa sangat efektif dan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
1. Penyusunan ilmiah dengan maraji’ kitab Al-Ashwat dan teori Glenn Doman.
Pembelajaran Al-Qur’an untuk pemula dikemas dengan dengan pendekatan kata yang telah dikenal sehari-hari dan mendahulukan huruf-huruf dengan fonim yang sama/serupa dengan Bahasa Indonesia.

2. Contoh-contohnya diambil langsung dari Al-Qur’an.
Hal ini akan mempercepat pembelajaran dan lebih mengakrabkan siswa dengan Al-Qur’an.

3. Mudah dengan Pendekatan Otak Kanan dan Cepat.
Metode WAFA memadukan antara otak kiri berupa pengulangan yang bersifat jangka pendek dengan otak kanan yang mencakup kreativitas, imajinasi, gerak, emosi senang, dll. Otak kanan akan mempercepat penyerapan informasi baru dan menghasilkan ingatan jangka panjang

4. Menyenangkan dengan Quantum Teaching (TANDUR)
Quantum Teaching menjadikan proses pembelajaran dibuka dengan menyenangkan, berjalan dengan keceriaan, dan diakhiri dengan kesan yang

5. Sistematika penyusunannya dari mudah ke sulit
Dengan penyusunan dari mudah ke sulit, pelajar pemula yang sama sekali belum mengenal huruf hijaiiay, dalam pertemuan pertama saja sudah dapat mengenal dan membaca 8 huruf hijaiyah.

6. Disertai cerita penumbuh muwashofat/karakter anak shalih
Pembelajaran Metode Wafa juga diiringi dengan pembangunan akhlaq qur’ani yang dikemas dalam bentuk cerita yang mudah dan asyik dipahami.

7. Komprehensif dengan 5 T (Tilawah, Tahfidz, Tarjamah, Tafhim dan Tafsir) dan Terstandarisasi melalui 7 M.
Komprehensivitas pembelajaran Al-Qur’an diramu secara integratif tapi bertahap yang meliputi 5 T. Proses dan mutu pembelajaran distandarisasi melalui 7 M (Memetakan Siswa dan Guru, Memperbaiki Kualitas, Men-sertifikasi Guru, Meng-coach pembelajaran, Mensupervisi Pembelajaran, Melaksanakan Munaqasyah, Mengukuhkan Hasil Pembelajaran.
Dengan demikian siswa akan memiliki 4 kompetensi, diantaranya :
1. Tilawah (Membaca Al Quran dengan Baik dan Benar)
2. Menulis Arab Dengan Baik
3. Tahfidz (Menghafal 3 Juz )
4. Membaca Al Quran Dengan Lagu Hijaz Syahdu
 Pokok-pokok yang diajarkan pada metode ini adalah :
a. Membaca
    - Menguasai Makhorijul huruf
    - Menguasai panjang dua harakat
    - Menguasai bacaan tekan
    - Menguasai bacaan dengung dan fawatihus suwar
    - Menguasai qalqalah dan waqof
    - Menguasai bacaan gharib musykilat
    - Menguasai hokum-hukum bacaan (tajwid)

b. Menulis
    - Menebali huruf tunggal
    - Menulis huruf tunggal bersambung
    - Menulis sambung 1 kata
    - Menulis ayatImla’

c. Mengahafal
    - Menghafal juz 30
    - Menghafal juz 29
    - Menghafal juz 1
Alhamdulillah dengan menggunakan metode wafa teman-teman SDIT ARJ semakin semangat dalam menghafal Al Qur'an. Amiin.... Bagi Bapak atau Ibu yang menginginkan buah hati tercinta bisa menghafal Al Qur'an, segera daftarkan ke SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo 84 Sengon Jombang. Terima kasih, semoga bermanfaat. Amiin ....
Powered by Blogger.