Header Ads

Merdeka

        Apakah merdeka itu? Merdeka adalah kemenangan yang diraih suatu bangsa dengan perjuangan sejati. Merdeka bukan hanya bebas dari penjajah, tapi juga adari semua yang melilit bangsa Indonesia. Seperti utang Indonesia pada negara lain, masalah narkotika, keterpurukan ekonomi dan yang lainnya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena pemerintah dan masyarakat Indonesia tidak bisa mengurus hal tersebut. Sebut saja belum lama ini ditemukan narkotika lebih dari 20 Kg jenis sabu. Untuk diperjual belikan di Indonesia. Lalu siapa yang membawa narkotika itu? Warga tiongkok yang mengaku membawa sabu-sabu itu juga adalah adalah milik warga Indonesia sendiri. Kemudian utang Indonesia pada negara lain termasuk 20 besar utang paling banyak di dunia. Padahal banyak kekayaan alam Indonesia yang jika diolah dapat membayar utang-utang tersebut bahkan bersisa. Hanya saja Indonesia tidak bisa mengolahnya.

Sekarang, jika saja ada generasi yang dapat menyelesaikan itu semua apakah mungkin semua rakyat Indonesia mendukung generasi itu? Mungkin iya atau bisa juga tidak. Semua itu harus kita mulai dari diri kita sendiri. Tapi mungkin kita berfikir “Aku kan masih kecil mana mungkin bisa membuat Indonesia lebih maju”. Bisa saja hal itu terjadi, asal kita giat belajar dan yakin bahwa harapan untuk Indonesia lebih maju itu masih ada. Tapi ingat hargailah pahlawan Indonesia, yang telah berjuang mengorbankan harta dan nyawa. Hanya untuk kemerdekaan Indonesia. Tapi mengapa setelah Indonesia merdeka hidup Indonesia semakin terpuruk. Nilai tukar rupiah dengan dollar semakin tinggi, banyak warga Indonesia tidak mengenyam pendidikan, banyak perussahaan asing bekerja di Indonesia dan mengeruk semua kekayaan Indonesia. Mulai sekarang hargailah pahlawan Indonesia dan jangan tanyakan kemerdekaan Indonesia dengan berfoya-foya. Merdeka, merdeka, merdeka.
"Dirgahayu Indonesiaku"


                                               “Bangsa yang maju adalah bangsa
                                                                                     yang menghargai jasa pahlawannya”


Artikel ini ditulis oleh : Amany Jylan Irfani. Siswi kelas 6 ini mendapat Juara 2 dalam lomba menulis artikel tentang kemerdekaan, dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke 70. Menyisihkan kelas 6 lainnya yang turut serta dalam lomba kali ini. Selamat atas kemenangannya.

Powered by Blogger.