Header Ads

Perkemahan Bakti Lingkungan SDIT Ar Ruhul Jadid

Upacara
Setelah sepekan memeras otak dalam menghadapi ujian semester 1 tahun ajaran 2014/2015. Tiba saatnya bagi siswa SDIT Ar Ruhul Jadid untuk menikmati pekan rekreatif dengan mengadakan Kemah Bakti Lingkungan. Acara ini di selenggarakan  di TPA Banjardowo yang berbatasan dengan bukit Tunggorono. Selama 3 hari para siswa akan bermukim di Tempat Pembuangan Akhir tersebut, terhitung mulai tanggal 11 sampai tanggal 13 Desember 2014.

HTML5 Icon

HTML5 Icon
HTML5 Icon HTML5 Icon
Kesan pertama ketika melihat TPA Banjardowo adalah rasa takjub. Ada hutan jati kecil yang rindang dan asri di pinggiran kota Jombang. Padahal ketika mendengar kata TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang ada dalam benak kita adalah tumpukan sampah dengan bau yang tidak sedap. Namun kesan itu tidak tampak pada TPA tersebut. Menurut penuturan pengelola tersebut sampah-sampah yang di buang ke tempat tersebut telah di olah menjadi pupuk kompos yang bermanfaat. Sedang sampah yang tidak bisa di buat kompos seperti plastik dan botol bekas di daur ulang lagi menjadi bijih plastik. Begitu penuturan Bapak Sugeng yang di amanahi untuk mengelola tempat tersebut.

Keluarga besar ARJ mendapat sambutan yang ramah dari para pegawai yang di naungi oleh Dinas Pekerjaan Umum Jombang. Sungguh kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang di berikan kepada keluarga SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang. Dengan begitu para siswa bisa belajar tentang proses pembuatan kompos serta cara memelihara lingkungan agar tetap terlihat asri dan rindang, dan yang terpenting adalah kepedulian terhadap lingkungan.

SDIT Ar Ruhul Jadid datang ke TPA tersebut tidak hanya membawa tangan kosong. Kami membawa beberapa tanaman untuk menambah koleksi tanaman di tempat tersebut. Secara simbolik Ustadzah  Susi Indrayani selaku kepala sekolah SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang menyerahkan secara simbolik tanaman yang di berikan kepada Bapak Sugeng selaku perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Jombang.
Upacara
Dilanjutkan dengan kegiatan siswa untuk menanam tanaman hias dan beberapa tanaman lainnya. Pihak Pengelola TPA dengan sabar meladeni anak-anak SDIT Ar Ruhul Jadid belajar menanam dengan teknik yang benar. Terlihat para siswa mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Mereka mendapatkan ilmu baru tentang lingkungan. Bukan hanya sekedar teori semata, tapi langsung kerja nyata dalam kehidupan. Semoga setelah selesai dari Kemah Bakti Lingkungan mereka pulang menjadi pribadi yang peduli terhadap lingkungan. Aaamiiin.

HTML5 Icon

HTML5 Icon
HTML5 Icon HTML5 Icon
Powered by Blogger.