Header Ads

Pahlawan Lingkungan Dari ARJ

Semangat Bung Tomo dengan para pemuda Surabaya dalam merebut kota Surabaya dari tangan penjajah menjadi simbol semangat juang para pahlawan. Dan dijadikan tonggak sebagai hari pahlawan yang bertepatan dengan 10 Nopember. Semangat yang besar dan patut untuk di teladani oleh generasi masa kini.

Dalam memperingati hari pahlawan tahun ini SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang kali ini mengusung tema "Pahlawan Lingkungan". Berangkat dari rumah siswa-siswi SDIT Ar Ruhul Jadid sudah siap dengan pakaian ala pejuang jaman dulu. Terlihat para Ustadz dan Ustadzah mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan kali ini siswa siswi SDIT Ar Ruhul Jadid di ajak berpawai dari sekolah melalui jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo lanjut ke jalan Kapten Pierre Tendean dan kemudian belok ke jalan Brigjen Katamso lalu berakhir di jalan Kusuma Bangsa, tepatnya berhenti di Makam Pahlawan Jombang. Tidak hanya sekedar pawai di jalan tapi para siswa dengan semangat bersama-sama membersihkan jalan yang mereka lalui.
Memang yang di lakukan adalah hal yang sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun hal itu adalah bagian dari sebuah pembelajaran tentang kepedulian terhadap lingkungan. Menjadikan lingkungan bersih dan sehat.

Pawai yang dilakukan para siswa mencuri perhatian para pengguna jalan. Hingga ada salah satu wartawan situs online Satu Jurnal tertarik untuk meliput kegiatan tersebut. Dengan judul "Hari Pahlawan, Pelajar SD di Jombang Usung Tema Pahlawan Lingkungan" di jadikan salah satu headline di situs tersebut. Wartawan tersebut mewancarai kepala sekolah SDIT Ar ruhul Jadid Ustadzah Susi Indrayani, dalam wawancara tersebut Ustadzah Susi mengatakan "Sekolah kami ingin mengajak bareng anak-anak bersama-sama untuk peduli terhadap lingkungan, saya menyadari kalau misalkan kebersihan lingkungan, kelestarian lingkungan disekolahnya dibebankan ke satu dua orang itu sepertinya tidak akan berhasil, maka kami mengajak seluruh murid-murid SD IT Ar Ruhul Jadid mulai kelas I sampai kelas VI untuk peduli juga terhadap lingkungan."

Sampailah para siswa di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Jombang dengan membawa plastik besar berisi sampah hasil membersihkan jalanan. Berlanjut ke acara berikutnya anak-anak SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang mengadakan upacara di tempat tersebut. Dilanjutkan dengan teatrikal perjuangan. Untuk menyemangati kegiatan tersebut para Ustadz Utadzah menilai kelas mana yang paling rajin dalam kegiatan tersebut. Para Ustadz dan Ustadzah pun sudah siap dengan pena dan lembar penilaian. Satu persatu plastik-plastik itupun di periksa mulai dari kelas kecil sampai kelas besar. Dengan hasil nilai yang telah di kumpulkan maka jelas siapa yang paling rajin dalam kegiatan kali ini. Dan kelas VI A yang di nobatkan sebagai kelas Paling Peduli Lingkungan. Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat para siswa untuk meneladani para pejuang untuk membela negeri ini.

Powered by Blogger.