Header Ads

Desainer Batik

Assalamualaikum wr. wb. Teman-teman perkenalkan namaku Hyandra Aura Zalfa bisa dipanggil Zalfa . Aku dari SDIT Ar-Ruhul Jadid, Sengon Jombang. Aku tinggal di JL.Yos Sudarso Tunggorono Jombang. Aku lahir di Tulungagung tanggal 8 April 2004 di Desa Pinggirsari.

Cita-citaku ada banyak sekali . Tapi aku tidak bisa membuat semua cita-citaku ini tercapai, diantaranya adalah, desainer pakaian batik, dokter, guru agama, pelukis, penulis cerita, dan masih banyak lagi. Tapi aku memilih yang desainer pakaian batik.

Aku memilih cita-cita desainer batik karna, aku sukaaaaa……………… banget batik dan aku suka menggambar baju. Aku juga ingin Indonesia terkenal dengan khas pakaian, khas makanan, senjata, rumah adat, dan masih banyak lagi. Motif batik itu ada banyak sekali lho teman-teman. Kalau aku suka motif batik yang ada dibawah ini:



Aku harus berusaha, bersemangat, giat belajar, berdoa, istiqomah, jujur dan minta restu orang tua. Bagiku kita wajib untuk meminta restu ke orang tua. Dan juga kita harus meningkatkan ibadah dan meningkatkan prestasi. Kita juga harus gemar membaca. Mengapa kita harus gemar membaca ? karna, membaca akan menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Aku ingiiiiiii…………n sekali membanggakan orang tuaku. Kita juga harus mendoakan orang tua kita.Mengapa kita harus mendoakan orang tua kita ? karna, ridho Allah sama dengan ridho orang tua. Teman-teman harus berusaha untuk meraih cita-cita kita, agar orang tua kita bangga terhadap kita.

Kalau aku mempunyai uang banyak aku akan memberangkatkan orang tuaku pergi haji. Mengapa aku ingin memberangkatkan orang tuaku pergi HAJI ? karna aku ingin orang tuaku menjalankan rukun islam ke-5, yaitu ibadah haji. Kita juga harus menyayangi ibu kita dan menghormati orang tua kita. Karna orang tua kita yang membesarkan kita dan surga ada di telapak kaki ibu.

Sejarah Pembuatan Batik

Secara historis batik sangat erat hubunganya dengan kerajan Majapahit dan kerajaan-kerajan islam dijawa pada mas dahulu. Pengembangan batik berlangsung dimasa kerajaan Mataram pada tahun 1600-1700. Pada kurun waktu itulah batik meluas ke seantero Jawa. Para seniman keraton menciptakan berbagai macam motif batik. Semula, batik hanya dibuat diatas bahan berwarna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori.Namun,kini batik yang sudah menjadi kain tradisional Indonesia juga dibuat diatas bahan lain, seperti, sutra, polyester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Batik juga adalah warisan budaya Indonesia.

Macam-macam batik di antaranya:

1. Batik pecinan/cina
2. Batik belanda
3. Batik rifa’iyah
4. Batik keraton
5. Batik jawa baru
6. Batik jlamprang
7. Batik terang bulan
8. Batik cap kombinasi tulis
9. Batik 3 negri pekalongan
Dan masih banyak lagi Lho, teman-teman.

Motif Dan Filosofi Batik

Dalam proses pembuatan batik, khususnya batik tulis, melambangkan kesabaran pembuatnya. Setiap hiasan dibuat dengan teliti dan melalui proses yang panjang. Sedangkan kesempurnaan dari motifnya menyiratkan ketenangan dari pembuatnya.

Berikut ini adalah beberapa motif batik filofosinya:

1. Kawung
2. Sido Mukti
3. Truntum
4. Parang
5. Ciptoning
6. Sido Mulya Semen

Pembuatan Batik

Suatu pola motif indah yang dilakukan dengan tradisional dan alami akan membuat nilai suatu batik menjadi sangat tinggi dibandingkan dengan pembuatan batik menggunakkan teknik modern seperti, cap, printing, sablon, dan sebagainya.

Alat-Alat Untuk Membatik

1. Bandul
2. Dinglik/Lincak
3. Gawangan
4. Wajan
5. Anglo/Kompor
6. Tepas
7. Taplak
8. Kemplongan
9. Saringan Lilin
10. Lilin/malam
11. Pola

Wajan yang dibuat dari tanah liat lebih baik pada wajan yang terbuat dari logam karna tangkainya tidak mudah panas, tetapi cenderung agak lama dalam memanaskan lilin / malam. Lilin / malam yang digunakan untuk membatik berbeda dengan lilin / malam biasa.Malam untuk membatik mempunyai kadar cepat menyerap pada kain, tetapi dapat dengan mudah lepas ketika proses pelorotan. Di daerah Blora, sebelum merebus kain, terlebih dahulu membuat wantu, yaitu air yang dipanaskan dalam suatu wadah tertentu sebelum barang yang direbus dimasukkan kedalamnya. Beberapa Ragam Batik : batik tulis, batik cap, batik printing dan sebagainya. Ciri khas batik Indonesia banyak sekali perbedaan motifnya. Sekian batik yang ada dinusantara memiliki ciri khas yang berbeda antara satu dengan lainnya. Sekian dari saya, wassalamualaikum wr. wb.




Tentang Penulis
Penulis Hyandra Aura Zalfa
Penulis adalah siswa SDIT AR RUHUL JADID dan masih mengenyam pendidikan di sekolah tersebut, saat tulisan ini di terbitkan beliau masih duduk di kelas 5.
Powered by Blogger.