Header Ads

4 In 1 Cleaner Robot

Perhelatan Olimpiade SIT Jawa Timur memang sudah berakhir, namun banyak kisah dan cerita yang bisa kita dengarkan dan dapat diambil pelajaran. Mendengar penuturan kisah pemenang juara 1 lomba robotik Olimpiade SIT dari Ustadz Arief A Yudanarko, menurut beliau robot yang di beri nama "4 in 1 Cleaner Robot" ini telah memenuhi ketentuan lomba robotik. Robot yang hanya menghabiskan dana 100 ribu rupiah dan beberapa barang bekas telah di presentasikan dengan ciamik oleh Alyssa, Dinda dan Firlia siswa SDIT Alam Al Uswah Bangil Pasuruan. Robot yang mempunyai fungsi membantu pekerjaan rumah harian seperti menyapu dan mengepel dapat di lakukan dengan baik oleh robot tersebut, bahkan memiliki fungsi yang lebih baik, tidak hanya menyapu dan mengepel, tapi robot ini bisa menyedot debu, kertas dan mengeringkan lantai yang telah di pel. Dan cara pengoperasiannya pun terbilang mudah, dengan menggunakan stick kontrol game yang biasa digunakan anak-anak dalam memainkan game. Dengan menekan tombol-tombol pada konsol anda bisa menggerakkan robot maju, mundur atau berputar. Dan terlihat sangat mudah untuk mengoperasikannya. silahkan lihat gambar berikut :


 Pekerjaan rumah tangga yang kadang menyita waktu dan tenaga kini mudah untuk di lakukan. Sungguh sebuah ide kreatif dan sangat berguna bagi masyarakat. 

       Ustadz Arief sebagai perancang lomba robot kreatif ini ingin mengukur kemampuan siswa memahami permasalahan di lingkungannya dan kemudian mengembangkan solusi dari ilmu yang di perolehnya. Membuat siswa peka terhadap apa yang terjadi di sekitarnya dan berupaya untuk membuat hidup lebih baik lagi dengan segala kemampuan yang telah mereka peroleh di sekolah. Menurut Bapak pendiri Komunitas Kampung Robot ini memaparkan bahwa penilaian pada kontestan Olimpiade SIT di bidang robotik ini tidak hanya menitik beratkan penilaian pada aspek teknik robot. Akan tetapi pada kreatifitas dan ide yang cemerlang.

     Potensi yang dimiliki oleh siswa SDIT dalam bidang robotik sangatlah besar. Mungkin di masa akan datang negara kita akan mengalahkan Jepang dalam hal teknologi. Terlihat semangat yang besar pada para penggiat robotik. Mari bergandeng tangan melahirkan generasi-generasi hebat untuk masa depan bersama Sekolah Dasar Islam Terpadu yang berada dalam naungan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT).
Powered by Blogger.